Evaluasi Kepuasan Pengguna Perpustakaan di Era Saat Ini? Yuk Langsung Cari Tau di Artikel Ini

 

Halo semua! Hari ini aku mau share sesuatu yang super edukatif dan bagus banget buat nambah informasi setelah dibaca. Jadi hari ini aku mau ajak kalian untuk baca lebih lanjut tentang salah satu artikel jurnal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Lumayan banget nih buat nambah pengetahuan kalian di masa pandemic COVID 19 ini. Sebelum aku ulas lebih lanjut aku mau ngasih tau judul artikel ini dulu ya, yaitu Library Service Quality dalam Mewujudkan Excellent Service untuk Kepuasan Pengguna. Artikel ini ditulis oleh Dian Hasfera dan diterbitkan pada Juli 2018. 



cover depan artikel

Oke jadi tadi informasi singkat tentang artikel yang bakal aku ulas. Artikel ini secara garis besar membahas tentang betapa penting bagi lembaga perpustakaan saat ini untuk melakukan survey dan juga evaluasi  yang berorientasi kepada kepuasan pengguna. Nah, bisa dilihat kan dari garis besar pembahasannya kalo artikel ini bener-bener bagus untuk menambah pengetahuan terutama buat kita calon pustakawan. Alasan lain kenapa aku pilih artikel ini untuk diulas dan dipromosikan itu karena, melihat perkembangan yang terus terjadi dan ikut berdampak ke perpustakaan mengakibatkan bergesernya penilaian terhadap perpustakaan. Kalian inget kan, kalo sebelumnya perpustakaan itu dinilai baik buruknya dari jumlah koleksi yang mereka miliki, untuk saat ini perpustakaan itu lebih berorientasi kepada kepuasan pengguna perpustakaan. Kepuasan pengguna perpustakaan ini sendiri biasanya diukur dengan menggunakan survey ataupun evaluasi. Hal ini penting banget dilakukan untuk mengukur apakah suatu layanan di perpustakaan itu berhasil berjalan atau tidak.

Artikel yang berjudul Library Service Quality dalam Mewujudkan Excellent Service untuk Kepuasan Pengguna ini terdapat dalam jurnal Buletin Al-Turas edisi Mimbar Sejarah, Sastra, Budaya, dan Agama Vol. XXIV No. 2, hal 293-209 , yakni jurnal akses terbuka milik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Artikel ini juga sudah terdaftar di SINTA 2 loh! Artikel ini menggunakan metode kajian literatur, yang didalamnya terdapat banyak studi ataupun literatur yang berkaitan dengan topik yang diangkat. Oh iya untuk perpustakaan yang dikaji, artikel ini memilih perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang. Konsep yang digunakan dalam mengukur excellent service terhadap kepuasan pengguna ini sendiri ialah LibQual. Kalian udah tau apa itu konsep LibQual belum? Nah konsep LibQual itu semacam standar yang perpustakaan gunain buat ngukur sejauh mana layanan perpustakaan bisa memberikan suatu kepuasan dan juga kenyamanan.

Sampe sini udah kedengerannya seru banget kan artikelnya? Aku jamin ini bisa banget berguna buat kalian para pembaca terutama di bidang ilmu perpustakaan buat memahami lebih lanjut mengenai penilaian yang penting untuk dilakukan di perpustakaan pada era saat ini. Kita sebagai calon pustakawan  harus banget nih terus mengedukasi dan meningkatkan kompetensi diri biar engga kalah saing dari perkembangan zaman. Membaca artikel jurnal bisa banget menjadi salah satu cara untuk melakukannya. Jadi langsung aja yuk cek artikel jurnalnya di bawah ini!

Link:

http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-turats/issue/view/742 

DOI:


Terimakasih semua. Jangan lupa langsung baca artikelnya dan silahkan kalian serap ilmu nya!








19 Comments

  1. Tertarik banget untuk baca ini. Thank youu Giskaa!!

    ReplyDelete
  2. liat reviewnya bagus banget, otw baca artikelnya!! tengkyuuu

    ReplyDelete
  3. Wah, pustakawan harus bgt baca ini! Makasih giska

    ReplyDelete
  4. Sebagai calon pustakawan harus baca ini sih. Keren👍

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat banget nih artikel nya untuk pustakawan, terima kasih ya infonya..

    ReplyDelete
  6. Keren banget sih ini tulisannya👍

    ReplyDelete
  7. tertarik banget mau baca ini! thank you gis rekomendasinya <3

    ReplyDelete
  8. Terimakasih atas rekomendasi bahan bacaannya<3

    ReplyDelete